Jupiter MX
adalah motor bebek yang lair dengan menghadapi teknologi dari motor balap.
Factor keunggulan Jupiter MX yang telak membuat competitor tak berkutik adalah
kapasitas mesinnya paling besar di bandingkan moped lain di Indonesia, 4 tak
135cc 4valve SOHC.
Selain itu Jupiter MX juga merupakan moped
yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang menggunakan Diasil Cylinder
dan Forget Piston yang mendapat jaminan garansi selama 5 tahun.
A. Diasil Cylinder
Adalah
singkatan dari Die Alumunium Silicon, yaitu material logam yang merupakan
campuran alumuniun dan silicon , sehingga material ini memiliki beberapa
keunggulan antara lain memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap
aus yang tinggi keynggulan penggunaan Die Diasil Cylinder adalah sebagai
berikut: ramah lingkungan, karena bukan menggunakan lapisan nikel total
Die-Cast Alumunium (mudah di daur ulang). Proses dengan teknologi tinggi dan
modern (proses otomatis), ekonomis, tidak menggunakan liner besi sehingga niali
produktivitasnya tinggi performa tinggi, antara lain ringan, pendingin
sempurna, meredam suara berisik, awet atau tidak mudah aus, pemakaian oli
hemat, Diasil Cylinder dibuat dengan proses Die Casting (Cetak) bukan dengan
Coated (lapisan). Selain itu Diasil Cylinder juga memiliki kemampuan
pendinginan yang bagus dan suhunya lebih rendah di bandingkan Cylinder
Alumunium dengan linear besi (conventional).
Keuntungan Diasil Cylinder:
- Bebas perawatan. Saking kerasnya dinding Diasil Cilinder, efek pengikisannya banyak berkurang di banding Cylinder baja (berkurang 2 hingga 3 kali berdasar tes oleh Yamaha)
- Makin irit bahan bakar. Diasil Cylinder merawat permukaan film oli secara ideal pada dinding Cylinder sehingga konsumsi bahan bakar berkurang.
B. Foerged Piston
Adalah
piston yang dibuat dengan system forging (tempa) memiliki ketahanan yang tinggi
di banding dengan piston konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi
motor balap yang di aplikasikan ke moped. Teknologi ini hanya dimiliki oleh
Yamaha dan di Indonesia
adalah Negara pertama yang menggunakannya.
Keuntungan Forged Piston:
- Tahan lama, tidak mudah aus.
- Suhu muat lebih tinggi.
- Koefisien gesek lebih rendah.
- Berat piston lebih ringan.
- Menghasilkan ‘noise’ lebih kesil.
- mencegah piston seizure (piston macet).
- Biaya produksi yang efisiensi lapisan timah berfungsi untuk mencegah piston baret sehingga terlihat “berkilau” walaupun bergesekan dengan dinding Cylinder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar