NETBEANS
(PEMOGRAMAN VISUAL)
TUGAS
MODUL 3
ARITMATIKA
HASILNYA
Adapun
properties yang harus di atur seperti pada tabel di bawah ini :
Komponen
|
Properties
|
Isi
|
Jlabel
|
Text
|
Aritmatika
|
Jlabel
|
Text
|
Bilangan Pertama
|
Jlabel
|
Text
|
Bilangan Kedua
|
Jlabel
|
Text
|
Hasil
|
Jlabel
|
Text
|
Operator
|
JTextField
|
Name
Text
|
eBil1
Kosongkan
|
JTextField
|
Name
Text
|
eBil2
Kosongkan
|
JTextField
|
Name
Text
|
eHasil
Kosongkan
|
JButton
|
Name
Text
|
bTambah
+
|
JButton
|
Name
Text
|
bKurang
-
|
JButton
|
Name
Text
|
bKali
*
|
JButton
|
Name
Text
|
bBagi
/
|
JButton
|
Name
Text
|
bClear
C
|
JButton
|
Name
Text
|
bExit
Exit
|
Di bawah code
berikut :
public
class TugasPraktikum3 extends javax.swing.JFrame {
Tambahkan
deklarasi variabel sbb:
int
a,b,c;
float
d,e,f;
Penambahan
tersebut agar variabel a s/d f bersifat universal dalam form.
Adapun
kode program untuk button Exit sbb:
private
void bExitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
//
TODO add your handling code here:
dispose();
}
Adapun
kode program untuk button Tambah(+) sbb:
private
void bTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
//
TODO add your handling code here:
a=Integer.parseInt(eBil1.getText());
b=Integer.parseInt(eBil2.getText());
c=a+b;
eHasil.setText(Integer.toString(c));
}
Adapun
kode program untuk button Kurang(-) sbb:
private
void bKurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
//
TODO add your handling code here:
a=Integer.parseInt(eBil1.getText());
b=Integer.parseInt(eBil2.getText());
c=a-b;
eHasil.setText(Integer.toString(c));
}
Adapun
kode program untuk button Kali(*) sbb:
private
void bKaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
//
TODO add your handling code here:
d=Float.parseFloat(eBil1.getText());
e=Float.parseFloat(eBil2.getText());
f=d*e;
eHasil.setText(Float.toString(f));
}
Adapun
kode program untuk button Bagi(/) sbb:
private
void bBagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
//
TODO add your handling code here:
d=Float.parseFloat(eBil1.getText());
e=Float.parseFloat(eBil2.getText());
f=d/e;
eHasil.setText(Float.toString(f));
}
Adapun
kode program untuk button Clear(C) sbb:
private
void bClearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
//
TODO add your handling code here:
eBil1.setText("");
eBil2.setText("");
eHasil.setText("");
eBil1.requestFocus();
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar